Monday 5 December 2016

ENAM HARI SIAP TANAM , PENYEMAIAN

METODOLOGI PENANAMAN MELON
Penyemaian Benih.

Proses Penyemaian benih.
Sekarang saya akan memberikan sedikit cara untuk proses penyemaian. Cara yang saya lakukan ini mungkin sudah umum di kalangan para petani. Jadi sedikit berbagi cara saja bagi yang belum tau mudah mudahan menjadi tahu menjadi bisa dan bermanfaat.
Hal pertama yang perlu dilakukan dalam penyemaian benih adalah mempersiapkan wadah atau media yang digunakan sebagai penyemaian. Nah disini cara membuat wadah cukup sederhana. Siapkan kayu bekas, gergaji, palu, dan paku. Bentuk kayu bekas seperti gambar dibawah ini.
wadah media penyemaian

Untuk ukuran bisa menyesuaikan kebutuhan jangan terlalu besar ya takutnya ga bisa angkat nanti hehehe. Bisa juga alasnya pake bambu seperti ini.
wadah media penyemaian alas bambu

Setelah itu siapkan tanah dan plastik roll kantong ukuran diameter 4 cm.
Potong plastik kantong kurang lebih 1 meter kemudian salah satu ujung plastik diikat fungsinya untuk menahan tanah ketika dimasukkan. Siapkan tanah gembur jangan terlalu kering atau basah. Cara mengecek kepal tanah apabila udah menggumpal itu tandanya udah bagus. Masukkan tanah ke kantong plastik tersebut sampai penuh dan padat, Kemudian ikat bagian ujung satunya. Plastik yang sudah di isi dengan tanah kemudian dipotong potong dengan pisau kira kira dua ruas jari. Kemudian taruh di wadah yang tadi di buat dikasih alas kertas koran.
Seperti gambar di bawah.
Media penyemaian

Untuk benih siapkan benih yang mau di tanam. Kemudian benih rendam dengan air sehari. Kemudian tiriskan 5 menit. Setelah itu taruh di kertas bisa kertas koran ataupun kertas bekas lainya bungkus rapat di balut  dengan kain supaya kondisinya hangat semalam. Ke esokan harinya siap taruh di media penyemaian. Benih tadi akan terlihat tunas kecil. Proses tadi untuk mempercepat 
pertumbuhan.Media penyemaian siram dengan air kemudian kasih lubang ditengahnya dengan ukuran lubang seukuran dengan panjang benih.Masukkan benih kedalam media yang sudah di kasih lubang dengan posisi ujung tunas di bawah. Tutup dengan tanah gembur tipis saja.
Benih yang ditaruh di media
Biarkan kurang lebih 6 hari agar siap di pindahkan ke lahan. Untuk penanaman ke lahan plastik yg jadi media bisa di buang. Supaya tidak menghambat pertumbuhan.
Umur 2 hari
Umur 6 hari sudah siap pindah ke lahan tanam

Jika bermanfaat minta tolong di share.
Sekian terimakasih
Wasalam

No comments:

Post a Comment